Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Hp vivo Y17 suka restart sendiri dan pengecasan sangat lama

HP vivo adalah smartphone yang sudah umumnya kita jumpai dipasaran Indonesia. Harganya yang cukup bersaing dan juga kualitas yang sangat baik merupakan suatu keunggulan produk smartphone ini. Selain itu juga untuk servis centernya juga sudah banyak tersebar di kota besar dan kecil di Indonesia. Itulah alasan mengapa HP vivo merupakan smartphone yang banyak diminati oleh masyarakat Indonesia.

ilustrasi Hp Vivi Y17, sumber Vivo.com


Sebaik – baiknya suatu produk yang unggulan pastilah masih ada kekurangannya. Begitupun dengan smartphone yang akan kita bahas kali ini. Berbagai  masalah dapat timbul dari pemakaian kita dalam menggunakan smartphone ini yaitu hp Vivo. Slah satu yang terjadi adalah sering restart ketika digunakan. Penyebabnya dapat dari berbagai faktor, baik itu pemakaian kita sehari – hari atau inter dari dalam smartphone walaupun jarang terjadi karena pastinya dalam penjualan produk nantinya sudah di cek oleh pabrikan.

Kasus

Di sini saya tidak akan menceritakan semua kasus kemungkinan terjadinya restart sendiri dan ketika pengecasan sangat lama pada hp vivo ini. Disini saya hanya akan menceritakan kasus yang saya alami dengan pemakaian hp vivo yang tipe Y17.

Pada awalnya pemakaian 2 tahun baik-baik saja, biasa untuk berbagai aplikasi seperti market place, sosial media, game, banking, dll.

Pemakaian untuk hp yang memiliki RAM 4 GB dan penyimpanan internal 128 GB ini juga masihlah longgar. Akan tetapi pemakaian yang saya gunakan dengan vivo Y17 ini memang kadang berlebihan hingga lumayan panas. Biasanya saya gunakan untuk tatring ke PC atau laptop sehingga kadang panas berlebih timbul.

Tanda – tanda pertama hp ini bermasalah adalah hp vivo y17 ini kalau ngecas batrai menjadi sangat lama. Yang awalnya membutuhkan waktu sekitar 2 jam lebih sedikit penuh lama – lama menjadi 3 jam lebih hingga 5 jam baru penuh. Sehingga saya mencari jawaban dari maslah yang sedang saya alami pada hp vivo Y17 yang saya pakai. Mungkin terjadi pada kepala charger atau kabelnya. Akan tetapi ternyata tidak, karena kalau untuk mengecas hp lain masih normal – normal saja dan tidak seperti hp vivo punya saya.

Setelah beberapa hari hp vivo Y17 saya tiba- tiba restart sendiri dan berulang terus dalam sehari bisa beberapa kali restart. 

Wah disini saya merasa hp saya sudah tidak beres lagi dan bermasalah. Hp vovo Y17 ini yang saya pakai biasanya restart kalau batriny kurang dari 50 %. Sehingga kalau sudah 50 % siap – siap  harus dicas dengan waktu yang lama untuk sampai full.

Penyelesaian

Akhirnya dibawalah ke servisan hp, sehingga di ceklah disana. Awlanya didiagnosa ic chargernya yang bermasalah. Akan tetapi setelah diganti ic ternyata masih sama. Sehingga saya bawa lagi ke servisan lagi.

Kalau di yaoutube dari masalah yang sama saya dapat informasinya yaitu untuk masalah ini di ganti batrainya. Tetapi oleh tukang servisnya Cuma di jumper pada resistor yang ternyata putus pada bagian batrai.

Setelah di jumper bagian resistor yang putus di bagian batrai akhirnya hp vivo Y17 saya bisa normal kembali sampai sekarang tidak ada masalah lagi.

Jadi kasus hp vivo Y17 yang suka restart sendiri dan pengecasan sangat lama adalah masalah pada batrai yang bermasalah, sehingga di jumper untuk komponen yang putus tersebut karena tidak terhubung ke batrai.

Terima kasih sudah membaca tulisan ini semoga bisa bermanfaat bagi Anda.


2 komentar untuk " Hp vivo Y17 suka restart sendiri dan pengecasan sangat lama"

  1. Berapa biayanya kak? Vivo y17 saya jg lagi mula restart sendiri nih soalnya . Makasih klo di balas

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tergantung teknisinya, saya 50rb ke temen soalnya. Kalau ganti batrai bisa ke Vivo center langsung biar ORI.

      Hapus