Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ringkasan Singkat Buku “SUKSES BERINVESTASI ALA BUFFETT” dengan 24 Strategi Investasi Sederhana dari Investor Nilai Terbaik Dunia yang ditulis oleh James Pardoe

Buku ini ditulis oleh “James Pardoe” dengan judul “How Buffett Does It” (24 Simple Investing Strategis from the World’s Greatest Value Investor). Buku ini diterbitkan tahun 2005 oleh “The McGraw – Hill Conmpanies, Inc.”. Penerbit Erlangga kemudian menerjemahkan kedalam bahasa Indonesia pada tahun 2006 yang sebelumnya telah melakukan perjanjian resmi. Penerjemahnya dalam bahasa Indonesia adalah Sri Isnani Husnayati, S.E.

Berikut kami tuliskan ringkasan singkat buku “SUKSES BERINVESTASI ALA BUFFETT” dengan 24 Strategi Investasi Sederhana dari Investor Nilai Terbaik Dunia :

1. Pilihlah kesederhanaan bukan kompleksitas.

Pada saat berinvestasi, buat hal tersebut sesederhana mungkin. Lakukan hal – hal yang mudah dan jelas, saran Buffett; tidak perlu mengembangkan jawaban yang rumit untuk masalah yang rumit.

2. Putuskan sendiri investasi anda

Jangan dengarkan para pialang, analis, atau pakar. Temukan sendiri cara investasi anda.

3. Pertahankan temperamen yang tepat

Biarkan saja orang - orang bertindak berlebihan dalam merespon pasar, saran Buffett. Berfikirlah jernih saat orang lain tidak melakukannya, dan Anda akan memperoleh keuntungan.

4. Bersabarlah 

Berfikirlah untuk 10 tahun mendatang dan bukan untuk 10 menit ke depan, saran Buffett. Jika Anda tidak siap memegang saham tertentu selama satu decade, lebih baik jangan pernah membeli saham tersebut.

5. Belilah bisnis, bukan saham

Begitu anda mendapatkan bisnis yang tepat, abaikan orang lain yang mengkhawatirkan pasar saham.

6. Carilah perusahaan franchise

Menurut Buffett, ada sejumlah bisnis yang dapat disebut “franchise”. Bisnis franchise itu seperti bangunan yang dikelilingi benteng yang tinggi dan parit yang dalam. Bisnis semacam ini tidak terkalahkan. Bisnis semacam inilah yang ingin anda temukan.

7. Belilah perusahaan berteknologi rendah, bukan berteknologi tinggi

Dalam dunia Buffett, investasi yang sukses jarang merupakan suatu aktivitas yang heboh. Investasi yang sukses jarang dihasilkan dari hal secanggih roket dan laser, dan lebih banyak dihasilkan dari batu bara, karpet, cat, dan penyekat.

8. Konsentrasikan investasi saham Anda

Hindari apa yang disebut Buffett sebagai investasi gaya “Kapal Nabi Nuh” yaitu , mencomot sedikit ini dan sedikit itu. Lebih baik mempunyai sedikit investasi yang masing – masing memiliki nilai uang yang lebih besar. 

9. Terapkan ketidakaktifan, bukan hiperaktifitas

Ada saatnya ketika tidak mengerjakan apa pun merupakan suatu bentuk kecerdasan investasi. 

10. Jangan melihat ticker

Tickers hanya menunjukkan harga. Investasi tidak hanya sekadar mengenai harga.

11. Lihatlah penurunan pasar sebagai peluang membeli

Penurunan pasar bukanlah pukulan; tetapi peluang membeli. Jika orang kebanyakan mulai lari meninggalkan saham yang bagus, berlarilah untuk mendapatkannya.

12. Jangan mencoba memukul setiap lemparan bola yang datang

Bagaimana juka anda harus memprediksi apa yang akan terjadi pada setiap saham yang terdaftar dalam indeks Standar & Poor’s (S&P) 500 selama beberapa tahun ke depan ? dalam skenario ini, Warren Buffett – investor terbesar sepanjang zaman – tidak menyukai peluangnya menemukan jawaban yang benar. Namun bagaimana jika tugas Anda adalah menemukan  hanya satu saham di antara 500 saham itu yang akan tetap bagus ? Dalam skenario yang sudah direvisi ini, sekarang Buffett menyukai peluangnya, yang menurut dia kemungkinannya 9 dari 10.

13. Abaikan yang makro; fokuslah pada yang mikro

Menurut Warren Buffett, hal-hal besar – tren-tren besar yang berada diluar bisnis – tidak penting. Hal-hal kecil-lah, hal-hal yang terkait secara khusus dengan bisnis, yang berarti.

14. Perhatikan baik-baik manajemennya

Analisisnya dimulai dengan – dan acap kali diakhiri dengan – satu pertanyaan kunci: siapa yang memegang kendali di sini? 

15. Ingat, Sang Kaisar tidak pakai baju di Wall Sreet

Wall Street, kata Buffett, adalah satu-satunya tempat dimana orang-orang pergi kesana naik Rolls Royce untuk mendapatkan nasihat dari orang-orang yang naik subway.

16. Berfikirlah independen

Pada saat berinvestasi, Anda perlu berfikir independen.

17. Tetaplah berada dalam lingkaran kompetensi Anda

Kembangkan sebuah wilayah keahlian, beroperasilah pada wilayah itu, dan jangan menyesali diri karena kehilangan peluang yang muncul di luar wilayah itu.

18. Abaikan ramalan pasar saham

Ramalan jangka pendek mengenai harga saham atau obligasi tidaklah berguna, kata Buffett. Ramalan itu lebih memberi Anda informasi mengenai para peramalnya dan bukan informasi mengenai masa depan.

19. Pahami “Mr Market” dan “Margin of Safety

Apa yang membuat seseorang menjadi investor yang baik ? Menurut Warren Buffett, investor yang baik adalah seseorang yang mengombinasikan pertimbangan bisnis yang baik dengan kemampuan untuk mengabaikan pergerakan liar di pasar. Ketika emosi mulai berputar, kata Buffett, ingatlah konsep Ben Graham mengenai “Mr Market” dan carilah “Margin of Safety”.

20. Takutlah saat orang lain tamak, dan tamaklah saat orang lain takut

Anda bias memprediksi bahwa orang akan bersikap tamak, takut, atau bodoh, kata Buffett. Namun anda tidak dapat memprediksi kapan atau bagaimana urutannya. 

21. Baca, baca lagi, dan berfikirlah

Bagaimana Warren Buffett – investor terbesar dunia – menghabiskan waktunya ? Menurut perhitungannya, dia menghabiskan sekitar enam jam sehari untuk membaca dan satu atau dua jam untuk menelepon. Sisa waktunya dia gunakan untuk berfikir.

22. Gunakan segenap tenaga kuda yang anda miliki

Seberapa besar tenaga mesin Anda, dan seberapa efisien Anda menjalankan mesin tersebut ? menurut Warren Buffett, banyak orang memiliki “mesin berkekuatan 400 tenaga kuda” tapi mengeluarkan 100 tenaga kuda. Dengan kata lain, orang-orang yang cerdassering kali membiarkan diri mereka teralihkan perhatiannya dari tugas yang sedang dikerjakan dan bertindak dengan cara yang irasional. Orang yang mampu mengeluarkan tenaga penuh dari mesin berkekuatan 200 tenaga kuda, kata Buffett, jauh lebih baik. 

23. Hindari kesalahan mahal yang diperbuat orang lain

Teman dan kolega Buffett, Charlie Munger, selalu menekankan untuk belajar dari kesalahan agar tidak terperosok ke dalamnya.

24. Jadilah investor yang andal

Buffett mengatakan bahwa Ben Graham berbicara mengenai “investasi yang andal (sound investing)”. Dia tidak berbicara mengenai investasi yang brilian atau tren dan mode, dan hal bagus mengenai investasi yang andal adalah bahwa investasi ini bisa membuat Anda kaya jika Anda tidak tergesa-gesa, dan yang lebih bagus lagi, investasi ini tidak akan pernah membuat Anda miskin.

James Pardoe adalah seorang penasihat hukum utama di Pardoe & Associates dan merupakan salah satu pengikut Warren Buffett yang paling berpengalaman saat ini. Mendapatkan gelar doctor pada bidang yurisprudensi dari Pepperdine University.

Terima kasih atas kunjungan Anda, semoga tulisan ini bermanfaat dan terima kasih.


Posting Komentar untuk " Ringkasan Singkat Buku “SUKSES BERINVESTASI ALA BUFFETT” dengan 24 Strategi Investasi Sederhana dari Investor Nilai Terbaik Dunia yang ditulis oleh James Pardoe"